Kamis, 13 Maret 2014

Yang Harus Diketahui saat Mengurus Visa Umroh

Anda yang sedang mengurus keberangkatan umroh lewat travel biasanya sudah tahu cara mengurus visa umroh; siapkan dokumen berupa KTP, foto sesuai ketentuan dengan latar belakang putih, buku nikah, KK untuk yang pergi sambil membawa anak, bukti vaksin meningitis dan sebagainya sesuai ketentuan umum pengurusan visa umroh. Plus, wanita di atas 45 tahun harus menyerahkan KTP asli tapi tak harus selalu berangkat bersama muhrimnya.

Semua persyaratan ini pasti akan diberitahukan pada Anda oleh biro travel tempat Anda mendaftar paket umroh. Akan tetapi, di samping semua persyaratan umum ini, Anda juga harus tahu semua persyaratan lain yang lebih spesifik untuk mengurus visa umroh agar prosesnya lebih lancar. Persyaratan ini bisa ada bisa tidak di berbagai tempat, jadi pastikan Anda menanyakannya secara rinci pada biro travel.

Soal Nama
Di beberapa tempat, Anda mungkin harus melalui prosedur yang agak lebih ruwet tergantung nama Anda. Indonesia adalah negara dengan populasi muslim yang banyak, namun tak semua orang memberikan nama berbau Arab pada anak-anaknya. Jadi, jika Anda ingin mengurus visa umroh namun nama Anda bukan nama yang berbau Arab (misalnya Satria, Diana atau Sinta), Anda mungkin harus memberikan sertifokat bukti bahwa Anda muslim dari masjid atau Islamic Center sekitar Anda.

Soal Kewarganegaraan
Jika Anda saat ini tidka terdaftar sebagai WNI, namun ingin berangkat umroh dari Indonesia, Anda wajib menyerahkan bukti ijin tinggal yang masih berlaku bersama dengan dokumen-dokumen lainnya.

Umur Sertifikat Vaksin Meningitis
Jangan menunda-nunda melakukan vaksin meningitis; saat Anda menyerahkan sertifikat bukti sudah vaksin itu ke travel umroh, sertifikatnya harus sudah lebih dari 10 hari sebelum Anda benar-benar masuk ke tanah suci, namun juga tidak boleh lebih dari 3 tahun. Mengapa harus lebih dari 10 hari? Hal ini karena vaksin meningitis memang baru benar-benar berkhasiat 10 hari setelah Anda divaksin.
Jangan lupa untuk memastikan setiap rincian informasi kebutuhan pengurusan visa umroh selengkap mungkin pada travel umroh yang mengurus perjalanan Anda. Tergantung apa ketentuannya, Anda mungkin harus menyisihkan waktu untuk mengurus beberapa hal.

0 komentar:

Posting Komentar