Kamis, 13 Maret 2014

Tips Merencanakan Perjalanan Umroh dengan Gaji Terbatas

 Umroh merupakan keinginan banyak umat muslim, namun mereka yang memiliki gaji terbatas biasanya memiliki masalah untuk bisa menabung demi bisa melakukan perjalanan umroh. Walaupun umroh lebih murah daripada perjalanan haji, banyak orang yang kesulitan mengumpulkan uang banyak khusus untuk umroh. Bahkan jika mereka berhasil mengumpulkan uangnya, biasanya uang tersebut kemudian terpakai untuk keperluan lain.

Jadi, bagaimana caranya supaya Anda bisa pergi umroh dengan dana yang berasal dari gaji yang tak begitu besar? Berikut ini tips perencanaannya untuk Anda.

Pelajari Pilihan Travel Umroh Anda
Salah satu trik merencanakan perjalanan umroh adalah dengan menganalisis pilihan travel umroh Anda. Perjalanan umroh memang harus dilakukan dengan jasa travel karena kedutaan Arab Saudi juga tak akan menerima pengurusan visa untuk umroh mandiri. Akan tetapi, biaya untuk perjalanan umroh yang ditawarkan antara satu biro dengan biro lainnya mungkin berbeda. Biaya standar untuk perjalanan umroh adalah antara 15 hingga 20 juta rupiah, namun bisa jadi ada yang menawarkan lebih mahal.

Kenapa bisa mahal? Bisa jadi biro ini menawarkan travel yang sekaligus mengajak Anda jalan-jalan ke beberapa tempat. Ada juga yang menawarkan penginapan di hotel berbintang atau fasilitas VIP. Tetapi, jika Anda berniat mengejar nilai ibadah, tentunya semua faktor penuh kemewahan ini tak begitu penting. Sekalipun demikian, jangan juga terjebak memilih biro murah yang memperkenalkan layanan dana talangan atau semacamnya, yang bisa jadi akan merugikan Anda.

Pilih Waktu Tepat untuk Berangkat
Usahakan memilih waktu perjalanan umroh yang tak bertepatan dengan musim liburan atau bulan puasa, karena pada waktu-waktu ini, harga paket umroh akan naik pesat. Lebih baik Anda berusaha agar bisa mencari jalan untuk cuti tidak di musim libur atau bulan puasa.

Buat Tabungan Umroh yang Tepat
Buka satu rekening lagi di bank khusus untuk menampung biaya umroh, dan jangan mengambil uang ini (dana darurat bisa Anda satukan di rekening Anda yang biasa). Kelemahan orang yang rekeningnya hanya satu adalah ia jadi susah menentukan alokasi dana sehingga sering lupa mengambil dana dari biaya umrohnya. Jangan lupa juga menabung untuk perjalanan umroh dalam bentuk emas agar nilainya naik seiring waktu dan tak terpengaruh inflasi.

0 komentar:

Posting Komentar