Kamis, 13 Maret 2014

Pakaian yang Pas untuk Dibawa saat Umroh

Ketika mempersiapkan pakaian untuk dibawa umroh, pada umumnya nasihat yang Anda terima sama: “siapkan kain ihram, abaya/kerudun, baju santai dan sepatu!” Akan tetapi, perjalanan umroh yang cukup singkat itu melibatkan banyak sekali aktifitas di bawah cuaca dan medan ekstrim, sehingga nasihat seperti itu mungkin terlalu sederhana. Anda bisa berdiskusi dengan pembimbing ibadah di jasa travel umroh soal pakaian yang seharusnya dibawa, tetapi Anda juga bisa berkemas sendiri berdasarkan akal sehat. Jangan sampai Anda menyesal dan mengalami kesulitan di tanah suci hanya gara-gara pakaian yang tidak pas. Berikut adalah beberapa jenis pakaian dan aksesoris yang sebaiknya dibawa saat perjalanan umroh.

Sandal, Sepatu dan Kaos Kaki
Sandal merupakan barang yang biasanya dibawa jemaah umroh karena memang lebih nyaman untuk mengelilingi Mekah dan Madinah serta ke masjid. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga membawa beberapa kaos kaki saat berada di Safa dan Marwah, terutama jika Anda termasuk jarang berjalan kaki; mengenakan kaos kaki akan sedikit meredam tekanan pada kaki ketika berjalan bolak-balik antara Safa dan Marwah.

Untuk sepatu, bawalah sepatu olahraga untuk persiapan jika Anda akan akan berjalan di Uhud yang daerahnya berbatu-batu dan mendaki Jabal Al Nur.

Bawa Baju Longgar
Baju longgar sangat penting untuk perjalanan umroh karena cuaca panas akan membaut baju lengket ke kulit. Untuk perempuan, bisa membawa celana yang modelnya model harem; selain tidak mencetak bentuk kaki, celana macam ini juga tidak lengket saat Anda berada di bawah sinar matahari yang panas.

Bawa Kerudung dan Dalaman
Untuk yang wanita, walaupun perjalanan umroh hanya selama 5 hari, namun cuaca di Arab sangat panas karena termasuk iklim gurun. Jadi, pastikan Anda membawa cukup kerudung dan bawa juga dalaman atau bandana, sehingga kerudung Anda tak terlalu basah. Anda juga tak perlu terlalu ‘bisa’ dan menyangka bahwa semua wanita harus memakai abaya hitam; Anda bisa membawa pakaian yang berwarna lain, asalkan tetap memenuhi syariat Islam dan tak terlalu ketat.

0 komentar:

Posting Komentar