Kamis, 13 Maret 2014

Mengapa Wajib Vaksin Meningitis sebelum Umroh?

Salah satu dokumen yang dipersyaratkan oleh biro travel umroh saat mengurus pendaftaran Anda adalah kertas bukti bahwa Anda sudah mendapat vaksin meningitis dari fasilitas kesehatan, rumah sakit atau klinik di daerah Anda. Tanpa surat ini, kelengkapan dokumen Anda belum dihitung komplit. Vaksin ini memang wajib diambil sebelum umroh karena Anda akan terekspos pada situasi dimana resiko tertular infeksi meningitis sangat besar.

Biaya untuk mendapatkan vaksin ini adalah 200 ribu rupiah, namun biaya yang harus dikeluarkan ini sebanding dengan manfaat kesehatan dan perlindungan yang akan Anda dapatkan. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus mendapat vaksin ini sebelum umroh.

Perlindungan dari Virus Endemik
Bakteri Meningitis meningococus adalah bakteri berbahaya yang banyak tersebar di daerah-daerah yang termasuk daerah endemik (habitat unik) untuk penyebarannya yaitu Afrika, Selandia Baru, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Travel umroh memasukkan tanda bukti sudah mendapat vaksin meningitis ke dalam persyaratan dokumen pendaftaran karena bakteri ini mudah menular melalui partikel air liur terutama di daerah yang populasinya padat.

Bayangkan saja, selama berhari-hari, Anda berada di tempat dimana ribuan orang dari berbagai negara berkumpul bersama, dan Anda akan banyak berdekatan serta berinteraksi dalam jarak dekat dengan mereka. Jika tidak mendapat vaksin meningitis, Anda akan tertular dengan mudah.
Jika Anda tertular, bakteri akan menyerang sumsum tulang belakang, selaput otak dan aliran darah, lalu menyebabkan gejala-gejala seperti flu (yang bisa membuat orang terlambat memeriksakan diri karena mengira hanya terkena penyakit ringan). Lalu, setelah itu, gejala akan menghebat dan menjadi leher kaku, mual, kulit kemerahan, sakit kepala, kejang, pingsan dan bahkan kematian.

Waspada Penyebaran Virus
Alasan lain petugas travel umroh meminta surat bukti vaksin ini adalah untuk mencegah adanya resiko penularan meningitis di Indonesia, yang dibawa oleh jemaah yang pulang dari umroh dengan membawa virus ini lantaran tidak mendapat vaksin. Jadi, dengan meluangkan waktu dan uang meminta vaksinasi meningitis, Anda bukan hanya melindungi diri sendiri, melainkan juga orang lain. Ini tentu sesuai dengan semangat umroh.

0 komentar:

Posting Komentar