Kamis, 13 Maret 2014

Keperluan Pribadi yang Harus Dibawa saat Umroh

Jika Anda akan menjalani umroh untuk pertama kalinya, Anda pasti merasa tegang dan bersemangat. Anda mungkin berkemas dengan terburu-buru atau dengan rasa tegang sehingga terkadang hal-hal penting yang nampak sepele malah terlupakan. Keperluan umroh tidak hanya berupa hal-hal esensial seperti kain ihram, kerudung, sandal, sepatu dan kaos kaki. Ada juga keperluan yang nampak sepele namun sangat bermanfaat ketika kita tiba di sana.

Berikut beberapa barang keperluan umroh yang sifatnya pribadi dan akan sangat berguna saat Anda tiba di sana (dan mungkin tak akan diberitahukan oleh travel Anda).

Lip Balm dan Krim Tabir Surya
Umroh memang kegiatan untuk menyehatkan jiwa, namun jangan sampai Anda pulang membawa kondisi kesehatan. Arab Saudi beriklim gurun, sehingga Anda akan mudah mengalami bibir mengelupas, kulit kering dan terbakar matahari. Lip balm tak berwarna dan krim tabir surya sudah cukup berguna untuk melindungi Anda.

Payung
Payung kelihatannya sepele, namun jika Anda belum pernah ke daerah beriklim gurun, And akan kaget merasakan panasnya udara di Arab Saudi, terutama jika daerah tersebut sedang mengalami temperatur tinggi (tanyakan informasi ini pada travel umroh Anda). Kerudung atau peci saja sering tak cukup, jadi payung akan berguna. Payungnya cukup yang kecil saja dan bisa dilipat atau dipendekkan.

Bra Olahraga
Untuk kaum perempuan, kegiatan selama umroh menuntut stamina yang tak sedikit. Bra olahraga adalah keperluan umroh yang penting untuk membuat Anda merasa nyaman; bayangkan saja jika Anda harus terjebak dengan bra berkawat saat harus berjam-jam berjalan antara Safa dan Marwah. Selain itu, bra olahraga memang dirancang untuk kegiatan fisik berat, bukan?

Obat Standar
Sudah divaksin meningitis bukan berarti Anda bisa santai. Saat umroh, Anda berkumpul bersama banyak orang dari berbagai negara, jadi ada baiknya menjaga daya tahan tubuh. Bawa obat demam, obat sakit kepala, suplemen multivitamin, permen pelega tenggorokan (bukan permen mint biasa) dan obat batuk. Bawa juga cairan antiseptik secukupnya serta gel antiseptik untuk tangan.

2 komentar:

  1. kalo saya boleh menambahkan, obat otot seperti Geliga, counterpain dan lainnya juga perlu dibawa untuk antisipasi nyeri otot setelah Sa'i (ini pengalaman pribadi lho....). namun bagi jemaah yang mempunyai persiapan olahraga yang cukup sebelum berangkat umroh, saya rasa obat tersebut tidak perlu dibawa.
    www.paketumrohhajimedan.wordpress.com
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Pepatah mengatakan "Sedia payung sebelum hujan".
    Infonya sangat bermanfaat. Terima kasih.

    Salam
    http://www.paketumrohdena.com

    BalasHapus