Kamis, 13 Maret 2014

Apa Yang Dilakukan Saat Sampai di Jeddah

Berangkat umroh dalam grup menggunakan jasa travel merupakan pilihan yang praktis dan sangat disarankan. Akan tetapi, walaupun Anda berangkat dalam grup travel umroh, bukan berarti Anda harus bersikap santai dan ceroboh. Anda harus bertanggungjawab dan mematuhi semua peraturan yang sudah disampaikan sang pembimbing ibadah dan pemandu dari travel, termasuk soal apa yang harus dilakukan saat tiba.

Saat Anda turun dari pesawat di bandara Jeddah, Anda tiba bersama banyak orang yang juga akan melakukan umroh. Walaupun Anda didampingi pemandu ibadah, suasananya bisa jadi membingungkan. Berikut informasi tentang apa yang harus dilakukan saat tiba di Jeddah.

Saat Baru Tiba
Turun dari pesawat, Anda akan disambut perwakilan dari Kementrian Haji, yang kemudian akan menuntun rombongan Anda ke ruang tunggu untuk keperluan pengurusan dokumen umroh. Karena ada banyak orang, Anda biasanya harus menunggu berjam-jam. Di sinilah saatnya Anda bisa membuka bekal dan beristirahat. Pokoknya, tetaplah bersama grup Anda.

Pemeriksaan Barang
Anda mungkin sudah mendapat petunjuk dari pembimbing grup soal pengawasan barang saat di bea cukai. Di sini, semua akan diperiksa termasuk paspor dan sebagainya. Pastikan Anda selalu mengecek barang-barang dan akurasi informasi pada paspor sebelum meninggalkan tempat itu. Tanyakan pada pembimbing umroh jika tak mengerti.

Setelah pemeriksaan, Anda akan diajak ke ruang tunggu yang fasilitasnya lebih lengkap. Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal seperti solat, beli makanan dan minuman, mencuci muka, membeli beberapa barang di mall bandara atau menukar uang rupiah Anda ke Riyal. Pembimbing dari grup travel umroh juga akan mengumpulkan paspor Anda untuk keperluan memesan bis.

Naik Bis
Saat bis datang, cek semua barang-barang Anda dan ikuti petunjuk dari pembimbing untuk tahu yang mana bis Anda. Bawa barang-barang kecil atau tas jinjing bersama Anda karena barang besar akan dimuat oleh petugas ke dalam bis. Paspor Anda akan dibawa oleh supir dan jumlah Anda akan dihitung. Saat masuk ke Mekah, bus Anda akan melewati pos pemeriksaan untuk mencocokkan jumlah paspor dan penumpang. Jadi jika Anda ingin turun sebentar untuk ke toilet, misalnya, beritahu pembimbing grup dan si supir. Apapun yang Anda lakukan, pembimbing dari grup travel umroh adalah tempat Anda bertanya. Pastikan Anda menanyakan hal yang tak Anda pahami dan jangan melenceng dari jadwal serta aturan yang sudah disiapkan.

0 komentar:

Posting Komentar