Kamis, 13 Maret 2014

Agar Anak Tak Rewel Selama Perjalanan Umroh

Umroh merupakan ibadah dimana kita bisa berangkat sambil membawa anak, asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku. Banyak orang tua yang berangkat sambil membawa anak usia 7 atau 8 tahun, dan mereka menemukan banyak pengalaman berharga bersama di tanah suci. Akan tetapi, perjalanan umroh sangat panjang dan melelahkan sehingga anak kecil pasti akan rewel jika kelelahan atau bosan. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan? Berikut adalah beberapa tips agar perjalanan umroh bersama anak menjadi lebih nyaman dan anak tak rewel.

Bawa Bekal untuk Anak
Makanan biasanya sudah disiapkan oleh pihak travel, namun untuk di pesawat, Anda belum tentu mendapat makanan 3 kali. Plus, anak biasanya cepat merasa lapar dan haus sehingga Anda harus membawa makanan ekstra. Makanan ini tak perlu yang susah disiapkan; cukup susu kotak kemasan kecil saja (jangan terlalu banyak membawa cairan ke pesawat) serta biskuit dalam bungkus kecil plus biskuit susu.

Tidak perlu membawa bekal terlalu banyak; ketika sudah sampai di tanah suci, Anda bisa membeli makanan di minimarket. Hanya saja, susu sebaiknya membawa dari rumah jika anak Anda terhitung susah minum susu yang berbeda merk karena masalah pencernaan.

Siapkan Hiburan di Pesawat
Coba tanyakan ke biro travel umroh Anda; apakah di pesawat yang dipesan tersedia fasilitas hiburan? Jika tak ada, anak mungkin akan bosan karena harus melalui perjalanan umroh selama 10 jam. Bawalah buku kesukaan anak, atau krayon dan buku mewarnai. Anda bisa juga melakukan trik ini: sebelum hari keberangkatan, ijikan saja anak tidur larut, lalu pagi-pagi Anda bangunkan. Jadi, mereka akan tidur di sebagian besar perjalanan di pesawat.

Siapkan Kantung Plastik dengan Ziplock dan Popok
Kantung plastik dengan ziplock bisa untuk membawa sisa makanan agar tak mengotori sekitar atau dirubung semut, sedangkan popok sebaiknya siap dalam jumlah banyak terutama jika Anda membawa anak ke masjid (terutama di Mekkah), karena masjidnya luas dan toilet-toiletnya berjarak cukup jauh. Dengan melakukan persiapan ini, Anda pun bisa tenang membawa anak dalam perjalanan umroh.

0 komentar:

Posting Komentar